brokoli

Manfaat Dahsyat Beta Karoten

Beta karoten adalah nutrisi lazim terdapat pada sayuran dan buah – buahan segar. Tepatnya senyawa aktif terdapat pada pigmen warna sayuran dan buah –buahan yang berwarna hijau, kuning dan merah.  Senyawa ini juga dibutuhkan oleh manusia untuk menunjang kesehatan, serta mengurangi resiko terkena penyakit berbahaya.

Sebaliknya apabila kekurangan nutrisi tersebut, bisa menyebabkan gangguan berbagai penyakit ringan maupun berat.   Namun sayangnya kita tidak begitu memperhatikan asupan beta karoten dalam  menu harian.

  • Mencegah peradangan

Peradangan merupakan kondisi dimana tubuh berusaha melawan serangan bakteri maupun virus.  Peradangan juga dipicu karena pola makan yang tidak benar. Misalnya terlalu banyak menyantap masakan yang berminyak, atau selalu minum dingin.  Sehingga menyebabkan radang tenggorokan.

Kasus peradangan bisa ditekan resikonya apabila asupan betakaroten terpenuhi melalui sayuran atau buah –buahan.

  • Antiradiasi

Sebenarnya tubuh kita secara tak langsung sering terpapar radiasi dari berbagai sumber seperti sinar matahari, gelombang eletronik yang dipancarkan dari alat elektronik dan mesin produksi. Bahan –bahan radioaktif ini bisa membahayakan kesehatan, dan memicu pertumbuhan sel kanker.  Manfaat beta karoten yang tidak kita sadari salah satunya sebagai agen penangkal radiasi, dan iritasi.

  • Melancarkan fungsi respitori

Betakaroten juga punya peran penting menjaga kesehatan pernafasan.  Menguatkan otot pernafasan sehingga volume oksigen yang ditampung dalam paru-paru tetap terjaga.  Itulah mengapa pasien sakit ISPA direkomendasikan banyak menyantap sayuran hijau.

  • Mencegah pertumbuhan sel kanker

Menurut hasil penelitian dari pakar kesehatan dari Tokyo University,  mengatakan bahwa paprika mampu menekan resiko pertumbuhan sel kanker payudara. Kandungan betakaroten pada sayuran ini lebih banyak dari pada sayuran lainnya.

  • Antioksidan alami

Beta karoten berfungsi sebagai antioksidan guna menangkal radikal bebas dan racun – racun dari polusi udara.

Sekian  dulu artikel singkat tentang manfaat beta karoten, nutrisi yang terdapat pada pigmen sayuran dan buah –buahan. Semoga tulisan ini ada faedahnya bagi pembaca sekalian.