hot chocolate

Lima Makanan Lezat Redakan Kecemasan

Setiap orang pasti pernah mengalami perasaan cemas berlebihan.  Gangguan ini bisa menerpa siapa saja. Sebenarnya cemas itu merupakan perasaan wajar dan bisa hilang begitu saja. Tapi untuk orang yang sedang mengalami stress, kerap mengalami rasa cemas tanpa ada akibatnya. Sehingga kondisi ini jika dibiarkan saja bisa memicu  insomnia atau kesulitan untuk tidur.

Rasa cemas disertai biasanya disertai dengan keluarnya keringat dingin, jantung berdebar-debar dan kesulitan untuk konsentrasi. Selain itu orang tersebut terkadang mudah panik atau tersinggung.  Sebenarnya perasaan ini dalam level wajar bisa direduksi dengan berpikir positif, serta didukung dengan asupan makanan bernutrisi tinggi.

Menurut hasil penelitian dari tim kedokteran dari Brimingham University yang sebagaimana dilansir pada jurnal Ehow mengatakan bahwa ada lima jenis makanan yang efektif menurunkan cemas. Makanan tersebut dapat mengeluarkan hormone serotonin diotak, sehingga kita merasakan rileks.

Berikut ini ada lima macam makanan lezat yang dapat menurunkan tingkat kecemasan :

  • Coklat hitam

Minum segelas coklat hitam terbukti dapat mengubah suasana hati menjadi tenang dan rileks. Dalam coklat hitam setidaknya mengandung  70 persen kakao. Kandungan antioksidan pada dark chocolate merangsang otak untuk mengeluarkan hormone serotonin.

  • Kacang almond

Kacang almond merupakan makanan lezat yang menyehatkan jiwa. Mengapa? Kandungan protein nabati pada makanan ini berfungsi menjaga syaraf kognotif.  Memperbaiki sel-sel syaraf yang rusak akibat penyakit mental.

  • Pisang

Pada buah pisang matang banyak terdapat vitamin B2 dan kalium. Kedua nutrisi punya peran penting menurunkan tekanan darah atau menurunkan detak jantung pada ketika sedang cemas. Sehingga perasaan jadi tenang.

  • Ikan tuna

Asam lemak esensial pada daging ikan tuna berperan melindungi kerusakan syarat otak yang sebabkan oleh stress.  Sedangkan fungsi omega 3 berperan meningkatkan metabolisme tubuh.

  • Teh hitam

Teh hitam sejak lama dipakai sebagai terapi  sederhana untuk meredakan stress dan gangguan tidur. Kandungan asam amino pada teh hitam berfungsi rangsang otak untuk mengeluarkan hormone dophamine dan serotonin. Sehingga setelah kita minum teh perasaan menjadi tenang dan gembira.