gardening

Aktivitas Harian Membikin Jantung Anda Sehat

Sebenarnya menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan cara –cara sederhana dan menyenangkan. Jantung merupakan organ penting penjaga hidup manusia. Fungsi utama organ ini memompa darah agar tetap bersirkulasi  seluruh tubuh manusia.   Selama manusia hidup jantung akan terus berkerja, tanpa berhenti satu  detik pun. Jika berhenti dua detik saja, kematian adalah konsekwensi logisnya.

Namun sayangnya sebagian dari kita mengabaikan kesehatan jantung, bahkan cenderung mengancamnya dengan lakukan gaya hidup yang salah.   Kecanduan  rokok, minum kopi dan minuman keras jelas –jelas dapat merusak  fungsi jantung dan mengakibatkan  penyakit jantung koroner. Selain itu kebiasaan menyantap makanan berlemak juga memicu penyakit jantung.

  • Berkebun

Berkebun merupakan kegiatan menyenangkan yang kerap dilakukan pada waktu senggang atau hari libur. Ada banyak manfaat positif dari kegiatan ini, seperti meredakan stress, menyehatkan badan dan membuat halaman lebih indah, menghasilkan keuntungan finansial dan sebagainya.

Dari sisi kesehatan aktivitas berkebun atau gardening, ternyata bisa meningkatkan kwalitas kesehatan jantung. Di mana kegiatan kegiatan banyak dilakukan di ruang terbuka, dan menguras banyak tenaga.

  • Bersepeda

Tak ada salahnya Anda mulai menggemari bersepeda untuk alat transportasi jarak pendek. Apabila tempat kerja Anda tidak begitu jauh dari rumah, cobalah sesekali bersepeda ria. Disamping bebas bahan bakar, bersepeda justru membuat badan menjadi kuat, jantung sehat dan lebih irit tentunya.

  • Pertukangan

Kegiatan pertukangan  banyak menguras tanaga dan pikiran. Di mana Anda menggunakan alat –alat berat untuk menunjang pekerjaan. Kegiatan ini juga banyak dilakukan dengan posisi berjalan, berdiri dan mengangkat beban.  Maka dari itu luangkan waktu libur Anda untuk mengeksplorasi bakat di bidang pertukangan.

  • Memasak

Kegiatan di dapur seperti memasak mempersiapkan makan siang. Ternyata secara tak langsung dapat menguatkan fungsi jantung. Memasak durasinya tidak lama tapi memaksa posisi badan terus berdiri dan menggerakan kedua tangan untuk bekerja.  Aktivitas memasak setidaknya dilakukan dua kali sehari, pada pagi dan  malam hari.  Kegiatan ini sudah cukup efektif membakar kalori dan menguatkan ritme jantung.